Posted by : Unknown Minggu, 02 November 2014

Dengar – dengar pak jokowi punya ide untuk buat jalan tol di dasar laut Bagus Tuh, saya juga punya ide malah berpikir mending biking lintasan di pesisir pantai sebagai alternatif penggunaan jalan didarat. Jadi gini ceritanya coba deh bayangin klo kendaran bermotor yang ada dijalan raya dialihkan ke transportasi laut, itu layaknya ada di pesisir laut ada jalur seperti jalan raya pantai dengan lintasan terkhusus, yang aman dan tidak menganggu ekosistem laut, mungkin bisa gunain speedboat atau yang punya ide buatin kendaraan air yang ramah lingkungan. nanti disekitar pantai akan dibuat semacam Pom bensin tapi harapanku bukan SDA yang non terbaharukan tapi energi terbaharukan mungkin bisa memanfaatkan air laut sebagai bahan bakar kan banyak tuh inovasi seperti gelombang laut jadi pembangkit listrik (snake sea), solar cell, wind mild, dll.
 
klo ingat sebuah kota yang ada dikalimatan yang ada pasar di sungai-sungainya walaupun saya belum pernah kesana jadi kebayang dilaut itu ada semacam kawasan seperti itu, mungkin kalau dipikir lautan itu gak selalu kondusif bisa saja terjadi badai yang mengacam keamanan atau karena aktifitas manusia dapat merusak lingkungan.. Makanya itu guys, saya berpikir ada suatu bordeless barrier yang memisahkan kawansan aktifitas manusia dan lingkungan jadi gak semenah-menah aja buat lintasan musti ada prosedurnya. terus bagaimana dengan keamanan transportasinya kaka... Klo menurutku yah jika infrastruktur sudah dibangun masalah keamanan alat transportasi itu bisa nanti, saya pikinya coba deh bayangin dulunya kedaraan kita tuh didarat pakai dokar,, sering majunya jaman motor trus ada mobil yang menjanjikan keamanan privat. Nah, kan bisa tuh klo anda berpikir nanti klo gunain speedboad atau perahu biasa bisa keciprat airlah atau kegulinglah entar perahunya dll. Tapi bayangin klo misal kendaraan dilaut kita tuh layaknya seperti mobil / bus kan amannnn dan nyaman Pertegas lagi tolong deh jangan bahan bakar yang berminyak sepeti bbm. Ngerusakkk...

Kesimpulan dari ide saya ini, Ingat laut itu menempati 70% wilayah dibumi menurut statistik sih soalnya saya belum pernah ngukur heehehe, sedangkan darat cuman 30%, dan Indonesia merupakan negara maritiim yang terdiri dari pulau hampir ribuan kalau gak salah. tentunya sumber daya yang dimiliki oleh negara kita bisa kita manfaatkan sebaik-baiknya untuk kebaikan masyarakat tanpa mengabaikan lingkungan. Penggunaan transportasi laut saat ini masih minim dimanfaatkan, padahal sejatinya laut mempuyai banyak potensi seperti contoh ide saya paparkan ini kalau bisa diterapin, Sekarang klo kita mau bayangin populasi manusia trus meledak sering waktu dan hampir setiap satu orang memiliki satu bahkan lebih kendaraan yang secara otomatis kendaraan yang berkeliaran didarat akan sangat padat dan mau gak mau ekspansi terhadap lingkungan darat akan terkikis, akibatnya sebagian kawasan pembangkit oksigen (hutan) juga akan terkikis oleh aktivitas masyarakat dan jumlah lahan di suatu daerah akan semakin mahal. Tapi kenapa kita tidak mengalihkan sebagian masalah itu ke kawasan laut saja yang tentunya bisa dikontrol kelestariannya, soalnya kalau kelestariannya gak bisa di jaga cuman pengen enaknya aja. Mending gak usah deh, entar saya lagi yang dibilang pencetusnya. Ok, sekian dari inspirasi numpang lewat dikepala saya nih guys makasih dah nyimakk...

*note :
1. seandainya saya bisa cad saya akan mengilustrasikan tapi percayalah ideku ini positif dan futuristik. Kerenlah pokoknya kalau dari segi desain. Klo gak percaya bokar nih isi kepalaku... (jangan donk kaka, cuman becanda maksudnya entar klo mau follow up nanya aja, ane cuman bisa story telling).
2. maaf sekiranya ada istilah atau EYD yang keliru maklum inspirasi spontan aja melihat kemacetan yang terjadi dimana belum lagi polusi yang ditimbulkan.


Leave a Reply

Kue tar, buah kedondong. Jangan Lupa Tinggalin Komentar dong :D

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Total Visitorz

Arsip Blog

Let's Go Blog

Let's Go Blog
Write Something in your life !

Followers

Tweetz

NetRangger. Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © 2013 NetiXen Robotic Notes. Powered by Blogger - Designed by UchaNet-