Posted by : Unknown Jumat, 15 Mei 2015

       Di dalam kehidupan masyarakat sehari-hari, suatu sistem dengan perencanaan yang sangat kompleks sangat dibutuhkan guna mempermudah di dalam membantu kehidupan manusia. Apalagi jika sistem tersebut bergerak dengan suatu kontrol yang terpadu, maka hal ini akan membawa dampak kepada manusia untuk bisa memikirkan dan membuat suatu bentuk kontrol yang sekiranya akan dapat membantu dengan efisien (Wikipedia, 2007).
            Salah satunya adalah sistem pengontrolan pada media tanam pot. Pot merupakan suatu media tanam yang berfungsi untuk membudidayakan tanaman. Jenis tanaman yang dibudidayakan tergantung dari kebutuhan akan pengembangannya itu sendiri. Jika ditinjau dengan lebih seksama, maka pengembangan tanaman atau budidaya di media tanam pot tidaklah semudah yang kita bayangkan. Banyak faktor-faktor yang mempengaruhi di dalam mengembangkan budidaya tanaman tersebut, misalnya faktor suhu, kelembaban, kebutuhan akan penyinaran atau intensitas cahaya yang digunakan, dan lain-lain.
            Salah satu faktor yang mempengaruhi pada perkembangan tanaman yaitu penyiraman. Penyiraman merupakan suatu hal yang tidak dapat dilepaskan di dalam menjaga serta merawat agar tanaman dapat tumbuh dengan subur. Kebutuhan air yang cukup merupakan salah satu hal yang sangat penting. Jika hal ini telah salah digunakan akan berdampak fatal bagi perkembangan tanaman itu sendiri (Agung Yuswanto, 2009)


           Berdasarkan hal tersebut maka perlu merancang prototype “SmartPot sebagai Inovasi Media Tanam Pot dengan Penyiraman Otomatis”. Prototype ini merupakan media tanam pot yang dirancang dengan teknik penyiraman dengan suatu rangkaian sistem kontrol yang terpadu dan bekerja secara otomatis dalam satu media tanam pot.

langkah-langkah dalam pembuatan.

Pertama konsepkan dulu masalah yang ingin dihadapi, seperti saya malas menyiram tanaman secara rutin terus saya ingin mengetahui kondisi lingkungan tanaman saya dll.

klo sudah Next kita desain alatnya sesuai dengan pemasalahan yang dihadapi... Gini nih desain alat saya *jeng.. jengg.... 



Leave a Reply

Kue tar, buah kedondong. Jangan Lupa Tinggalin Komentar dong :D

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Total Visitorz

Arsip Blog

Let's Go Blog

Let's Go Blog
Write Something in your life !

Followers

Tweetz

NetRangger. Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © 2013 NetiXen Robotic Notes. Powered by Blogger - Designed by UchaNet-